Tips Programming

Perhatian !:, ini hanya untuk coder freak, jadi yang nggak mau jadi Einstein botak jangan baca !

Saya ingin membagikan sedikit tips2 dalam memprogramming, t’serah bahasa apa saja yang penting konsep dari memprogram ini adalah logika pemograman. Banyak orang bingung bagaimana membuat sebuah program yang betul2 terstruktur dengan kode yang ringkas dan rapi. Keinginan saya menulis ini lahir dari keikutsertaan anggota organisasi saya dalam kompetisi programming oleh sebuah universitas yang juga populer di Indonesia. Ok, ini mungkin ada beberapa kekurangan di dalamnya, dan oleh karena itu saya menunggu saran dan kritik anda, karena saya tidak sebegitu eksis di bidang Programming, ya mungkin ada salahnya gitu.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun kode program, yaitu :

1. Jenis program yang akan dibuat. Ini mempengaruhi kerumitan kode.

2. Tujuan dan fungsi program yang akan kita buat. Ini mempengaruhi motivasi kita untuk membuatnya.

3. Keadaan sang coder/pembuat & penyusun kode program. Ini mempengaruhi konsentrasi dan kejernihan berpikir untuk meraih pembuatan kode program yang terbaik.

4. Lebih mengutamakan waktu makan siang, malam bahkan pagi. Ini perlu diperhatikan karena rata2 80% programmer sangat tergila-gila untuk membuat kode sampai2 ibu/istrinya lelah memperingatkannya nanti sakit perut kalau tidak makan. Perlu diingat bahwa program ini merupakan karya yang dianggap seorang coder ialah seni, seni yang tiada habis-habisnya untuk disempurnakan. Saya pernah mengalami hal seperti itu, jadi lebih baik dilakukan di waktu senggang.

5. Jangan berpikir lain-lain kalau lagi memprogramming, fokus saja.

6. Pikirkan untuk ke depannya., apakah anda ingin dapat merawatnya, baik dengan update atau patch.

Dan untuk bagian memprogramnya ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

1. Sebaiknya anda mengenal/menguasai bahasa pemograman yang akan anda gunakan & merencanakan kode program sebelumnya. Tulis saja terlebih dahulu di selembar kertas.

2. Sebaiknya anda menggunakan ’function’ untuk menyelesaikan sebagian proses yang sama bukan menyelesaikan semua proses. Dan function dapat meringkaskan program anda, karena ia dapat digunakan untuk banyak proses lainnya.

3. Jangan terlalu banyak menggunakan variabel, karena dengan begitu kode anda semakin rumit dan jika mengalami error sukar untuk mengeceknya. Oleh karena itu pelajarilah ’syntax’2 atau function2 yang dapat anda gunakan dalam program anda, sehingga anda dapat memaksimalkan penggunaan variabel.

4. Sebaiknya jika anda yakin dengan kode program yang telah anda buat, ketiklah seluruhnya. Karena yakinlah satu variabel saja tidak anda tulis, maka mengakibatkan error pada program anda.

5. Gunakanlah tag yang telah disediakan oleh program pemograman tersebut, dengan itu anda dapat menandai function atau bagian yang anda tidak yakin akan berhasil. Jika tidak ada tag yang disediakan, gunakanlah pembekuan kalimat seperti :

//bagian function pertama atau /* tanda function pertama */ => ini untuk PHP, Javascript.

’Ini bagian function menulis => ini untuk Visual Basic.

6. Kategorikan bagian pemrosesan contohnya seperti bagian untuk membaca, menulis atau mengedit.

7. Jika ada kode program yang dianggap tidak memberikan hasil, jangan hapus langsung tetapi bekukan saja, daripada lelah menuliskannya kembali jika barangkali dapat berguna suatu saat. Caranya seperti nomor 5 di atas.

Hanya itu saja yang dapat saya uraikan, dan seperti yang telah sebut sebelumnya tulisan saya mungkin ada kekurangan, saya mohon saran dan kritiknya sehingga ke depannya saya dapat belajar untuk lebih baik . Salam pembaca! (from ICTOne member. Codename : rizkivmaster) Dan juga untuk Farhan (Aan), Rafiqi (Fiki), Samulo (Samy), ’en all other lovely ICT members..

Posted on Friday, 4 January 2008, in Programming and tagged , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Just That Please Be Useful !

  2. Artikel yg bagus, btw blogrol-nya ada saya juga yach…, terima kasih
    http://mumtazanas.wordpress.com

  3. Blog punya anda juga bagus, nuansa islaminya klop bgt, thanks atas kunjungannya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: