Detailed About Creating Image CD

Saia di sini ingin menjelaskan lebih mendetail lagi bagaimana membuat image CD PS1. Saia asumsikan saia menggunakan Nero versi 6.0.0.20. Jika anda tidak memiliki Nero, anda dapat mencoba aternatifnya dgn CDBurnerXP yg gratis di Internet dan kemudian dapat melihat artikel ini : Alternatif Membuat ISO .

Saia akan mencoba mengimagekan CD PS1 saia “Winning Eleven”. Sekarang kita mulai. Buka Nero anda.

1. Di menu Nero, arahkan “Copy and Backup” kemudian pilih “Copy Disc”.

img14

2. Kita masuk ke jendela burningnya. Kita bukan bermaksud memburning tetapi ingin membuat image. Membuat image artinya kita menyalin isi CD ke harddisk tetapi bukan mentah2, tetapi dikompres. Maka CD yg isinya 700 MB bisa dikompres atau dijadikan image menjadi ukurannya 200-an MB di dalam harddisk.

Ok, klik “More >>”. Lalu klik “Save Tracks”.

img15

3. Lalu kita akan menemukan jendela baru, tetapi didahului oleh jendela drive list. Di situ pilihlah CD-ROM yg berisi CD PS1 yg akan diimagekan tadi. Lalu klik OK.

img16

4. Lalu di jendela utama klik “Browse” pada baris “Path :” untuk nentuin dimana Image akan disimpan. Pilih drive/folder mana akan disimpan. Lalu buat namanya apa. Klik “Save”.

img17

5. Lalu klik “GO”. Tunggulah beberapa menit kemudian sampai proses selesai. Kemudian anda dapat menggunakan file image tadi untuk membuat virtual drive dengan Daemon Tool.S’moga berhasil.

Posted on Monday, 21 April 2008, in Artikel, Komputer and tagged , , , . Bookmark the permalink. 34 Comments.

  1. klo pake nero7 gimana bikin image CD nya,perasaan beda menunya.

  2. @agusmuhidin
    Ya, menunya sudah jelas beda. Asumsi ini hanya berlaku untuk Nero 6. Tapi ndak apa, antara Nero 6 dan Nero 7 tidak jauh beda cara ngeburning imagenya, hanya menu saja. Dalam Nero7, coba pilih Nero DiskCopy, coba cari save tracks. Jika kurang mengerti, manualnya bisa digoogling.

  3. saya udah coba d menu copy CD pilih dropdown/ image recorder trus copy jadi file imagenya,tapi ga semua CD bisa d copy knapa yah?

  4. @agusmuhidin
    Menurut saia CDnya tidak semua bisa dicopy dikarenakan CD rusak atau copy-protected. Begitu pula dengan Nero 6 yg pernah saia dengar ada error “Illegal Mode for this track”.
    Saran saia coba CD Imager alternatif lainnya. Link artikelnya di atas.

  5. Kalo game yang multi CD gimana tuch, ap bisa disambung gt aj ndak?

  6. @RenZ
    Maaf saia blom pernah coba. *koleksi g lengkap*
    Tapi coba baca forum di link ini, semoga bisa membantu
    http://forums.ngemu.com/epsxe-archive/17848-ffix-cd-changing-unable-enter-disc-2-a.html

  7. saya udah bikin jadi image. tapi kok gak bisa jalan terus ada tulisan eror. tolong bantuannya

  8. @ngatijo
    Maaf, saia tidak tahu persis error yg anda alami, bisa diberi tahu pesan error yg keluar?
    Apakah maksud anda tidak dapat menjalankan image pada virtual disc ataukah ada eror ketika menjalankan emulator dgn image tsb?
    Untuk kasus yg pertama, kemungkinannya ada dua penyebab. Pertama Nero mengalami eror “Illegal mode for this track”. Solusinya yg saia anjurkan memakai image burner yg lain. Kemungkinan kedua terjadi kesalahan pembacaan, ada masalah hardware, dari CD atau CDROM. Solusinya coba tes pada CDROM yg lain. Karena menurut pengalaman saia, banyak teman saia yg telah meminjam DVD game saia, tetapi error pada DVDROM mereka, sedangkan punya saia tidak ada masalah. Jadi kesalahan fabrikasi dapat saja terjadi.
    Untuk kasus kedua, ada dua, pertama kesalahan konfigurasi dari plugin. Kedua, berasal dari pembuatan image yg tidak sempurna. Saia pernah mendapatkan layar emulator yg blank dengan game PS1 “Crash Bandicoot II”.
    Hanya ini yg terbatas dapat saia jawab. Kirimkan detail eror tsb, mudah2an saia dapat mencari solusinya.

  9. ada tulisan error reading disc. emang lu bikin image nya pake cd asli ya!

  10. @ngatijo
    Tidak ada bedanya antara CD asli dgn bajakan. Saia jg tidak tahu apakah eror tsb ketika membuat image atau sewaktu menjalankan emulator. CD bajakan saja dapat dicopy, dan jika dijalankan imagenya atau langsung dijalankan dari CD langsung, tetap akan berjalan.
    Oh ya mungkin anda blum tahu, jika tidak berhasil, jalan satu-satunya jalankan CDnya langsung melalui CDROM dengan terlebih dahulu dikonfigurasi plugin CDROMnya. Mencoba membuatnya menjadi image hanya saia sarankan agar efisien. Slamat Mencoba.

  11. terima kasih banyak mas riski ternyata plugin CDROMnya yang salah.Sekarang saya udah bisa maen pake image.oh,ya satu lagi,kasih tau cata maen PS2 di komputer.terima kasih!!!!!!!

  12. @ngatijo
    kayaknya saya g bisa mengulas main PS2 di PC coz dah saia coba tetapi masih tergolong lambat (butuh banyak resource), n hanya game tertentu saja yg dapat dijalankan. Later, mungkin tim pcsxe dapat lebih mengefisienkan pcsxe dalam versinya yg lebih baru, sehingga bermain bisa lebih cepat.

  13. OM..om .. disini q mau nanya tentang pembuatan *.nrg nya dari CD yg isinya 700 MB bisa dikompres atau dijadikan image menjadi ukurannya 200-an MB di dalam harddisk.. bisa di detail gak caranya? sebab q bikin dari nero 7 essensial hasinya tetap sama dengan isi CD. please … jawaban bisa di email : masagus2000@gmail.com

  14. selamat pagi/siang/malam kakak rizki,
    Saya tertarik dengan topik di atas, saya jg mempunyai masalah yang sama, saya udah ngeburn cd nya tapi dengan cara copy cd saja, saya coba jalanin di compi dan di ps , ternyata kedua-duanya tidak jalan, yang jadi pertanyaan saya adalah, apakah cd yang ada di ps dan cd yang ada di cd-rom komputer sama aja ??? trus saya jg mau tanya untuk penjelasan kakak rizki di atas apakah setelah cd selesai di burn akan bisa dimainkan di ps????atau perlu semacam crack laghi??
    mohon bantuannya

  15. Ya, akan sama saja. Sebab pemograman PS1 berasal dr konsol komputer dan struktur/format CD tidak ada bedanya dgn CD biasa, maka akan tentu dapat dibuka dgn komputer.
    Setelah diburn/diimaging, harus divirtualisasi menggunakan Daemon tools agar file image berjalan sebagaimana kita menjalankan kepingan CD biasa. Kemudian, plugin CDROM harus diseting agar membaca CDROM secara langsung. Opsi tergantung pada masing2 plugin. Ada yg menuliskan “Read source from CDROM” atau “Open CDROM”. Atau bahkan hanya dengan membuka menu File>>Run CDROM dr emulator.

  16. saya baru pinjam dvd winning 9,setelah sy install blm bisa di mainkan
    wrong insrted disc gitu klo di jalankan.
    gmn ya cara instalnya?

  17. @tehpoci
    konsol PS1 hanya menggunakan CD, tidak menggunakan DVD. DVD hanya digunakan untuk PS2. Jikalau itu yang anda maksud DVD yg berisikan game PS1, maka ada baiknya divirtualisasi. Tetapi tampaknya akan sulit.

  18. cara masukin plugin videonya gmn?
    soalnya pas saya configurasi video g da apa2nya n g bisa cari plugin yg dah tak download
    tolong kasih tau secepatnya

  19. video plugin bisa loe dapetin dgn cara download!
    tapi jgn lupa itu dlm BENTUK KOMPRESAN jadi jgn lupa untuk MENG-EKSTRAK file nya terlebih dolo , abiz di EKSTRAK gw jamin di configure nya pasti nongol

  20. oOm RizkivMaster,,,
    kenapa g coba buat e-book ny sekalian,,:D
    biar ntar tinggal donlod2 link nya aj..:)

  21. bang Rizki kalo fila image (.nrg,.iso dan sebagainya) bisa di kembalikan pada data semula yg berada pada disc? logikanya gini, kalo data ato file bisa di winzip berarti data ato file itu bisa di unzip lagi kan?nah itu juga berlaku ga pada data yang susah di .nrg-kan?ty

  22. Ky, saya sudah menjalankan cara creating image cd tapi pas saya klik “go”, ko ada tulisan “Illegal mode for this track”. Knapa tuh, padahal cd ps nya masih bagus . . .?

  23. Ky apakah memepengaruhi kecepatan kalau memainkan ps emulator pake cd yang langsung dari cd room dengan yang sudah dikompres dan dicopy ke hardisk ?

  24. gimana cara menanggulangi membuat iso/bin yang error aq dh pke nero,magiciso,ultraiso tapi masih tetep error

  25. Nice tips. Btw tahu gak kenapa waktu hampir selesai memburning cd sewaktu ferifying compilation, muncul read error from sector…….?

  26. kk..mw tny donk…klw mw maen game pke virtual cd format file’a hruz .nrg y??
    klo iso bisa g??
    saya gda nero,jd copy imge file’a pke magiciso,eh jd’a file iso..
    di mount di virtual cd c bisa,tp game’a g jlan..klo pke cd c udh bisa..

    tolong pnjelasan’a..

  27. kalo mo tanya cara ngopi make nero 7 gimana ya caranya abis itu maen nya juga kaya duble speed

  28. kak risky, ni sya mau nnya, klau cd ps 1 yang menarik untuk d maenkan apa y kak, trima ksih.

  29. Om kalo download file ISO ato NRG yang uda jadinya ada ga??
    skrang jarang banget yg jual cd ps1 klasik..
    kaya Ape Escape, ato Tomba (1/2/3)..
    wah kangen banget ma game ps1 jadul” tu..

  30. Download ajha d file crop.com, tp satu file bsa sbesar ratusan MB

  31. gan,,klw make cd/dvd eksternal,absa gak . . ?
    misalkn mainx d notebook,kn gk da cd roomx t. .
    klw bs,trs pha yg hrs d gnti gan. . ?
    moahon bantuanya. .

  32. kak, kok pas di GO yg keluar tulisan “illegal mode for this track” ?
    plis pencerahan

  1. Pingback: Cara Maen PS1 di PC Lebih Maksimal « FSBlog !!!

  2. Pingback: Cara Maen PS1 di PC Lebih Maksimal - ICT-One Official Site

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: