The Little’s Work

Pagi ini nemuin gitar udah ngebending, akhirnya nyari pemutar trust rod di kamar. Ngoprek2 meja belajar adik, eh malah menemukan beberapa benda yg mengingatkan kembali tentang masa lalu. Salah satunya adalah jet coil yang pernah kubuat semasa sma.

image

image

Jadi, dulu aku pernah punya impian ingin membuat mesin jet. Aku cari2 di youtube ttg cara buat jet. Yg kutahu, untuk membuat jet, gas bisa digunakan sebagai bahan bakarnya, selain avtur. Karena bahan2 yg dibutuhkan ngga terlalu susah dicari, aku memberanikan diri membuat mesin jet kecil dgn bermodalkan pipa, motor mainan, gas korek dan sisa2 perkakas. Tapi akhirnya mainan ini berhenti kulanjutkan karena faktor keamanannya yg masih rentan dan aku masih belum mendapatkan tempat yang cocok untuk diuji cobakan. Kalau salah bisa2 meledak kan. Bisa2 digebuk pula aku sama orang2 satu kampung gara2 kebakaran. Jadi aku ga mau ambil resiko.
Lalu satu benda lainnya yaitu hidrogen generator.

image

Mainan ini akhirnya yang berhasil kuselesaikan, walaupun outputnya kecil. Ini adalah alat yang menghasilkan hidrogen. Jadi, dulu waktu masih marak2nya berita ttg blue energy yang benar2 konyol. Blue energy yang dimaksud adalah air, dimana kita menggunakan air sebagai BBM. Itu berita yang membuatku geli, bagaimana bisa air mentah2 sanggup dijadikan sebagai BBM, dan sejak saat itu aku tahu presiden kita pun bisa dibodohi. Lantas, karena keingintahuan ttg air sebagai sumber energi, aku mencari literatur di youtube, akhirnya mendapatkan topik tentang penggunaan hidrogen sebagai sumber energi. Nah baru ini yang benar. Hidrogen itu bisa didapatkan dari air setelah melalui proses hidrolisis, lalu hidrogen bisa digunakan untuk pembakaran. Dengan kata lain, air itu sumber dari hidrogen yang berpotensi sebagai bahan bakar.
Awalnya aku berencana untuk menghasilkan hidrogen yang dapat digunakan jet coil sebagai bahan bakar, tetapi pada akhirnya, karena pengembangan jet coil dihentikan, alat ini pun berhenti dikembangkan juga, tetapi untungnya sudah selesai.
Jika dilihat-lihat, dengan hobi liar di atas, aku memang lebih cocok masuk jurusan mesin, tapi aku tidak tahu mengapa tidak memilih jurusan mesin. Ya, ini masih misteri di benakku.
Tulisan di atas adalah sedikit dari cerita kenangan masa kecil yang masih tersisa. Semoga terinspirasi :)

About rizkivmaster

deep cold person with a noctural background

Posted on Tuesday, 10 July 2012, in Diary. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,296 other followers

