Cekson 1

Hari ini mencoba kreasi baru untuk rekaman suara gitar. Cara gampang untuk merekam ialah memakai perekam suara di HP, tetapi kekurangannya adalah suara yang dihasilkan kurang jernih, walaupun dari segi range, suara terdengar bagus, contohnya suara bass tetap terdengar nyaring.

Kali ini, saya kebetulan sudah punya microphone PC (baca:mic). Mic ini kebetulan ukurannya tidak terlalu besar dan bisa dimasukkan ke dalam badan gitar. Mic ini harganya berkisar Rp. 40.000,- atau lebih dan bisa dibeli di toko komputer.

DSC_0212

Mic perlu dimasukkan ke dalam badan gitar karena itulah faktor penguat suara gitar sehingga diharapkan terserap maksimal. Mic tidak sembarangan dimasukkan ke dalam gitar. Mic harus diberi pengaman agar terhindar dari getaran akibat sentuhan langsung dengan dinding gitar. Kapas atau tisu bisa dipakai.

DSC_0213

Lalu, mic tersebut dimasukkan ke dalam gitar.

DSC_0210

Kemudian, konfigurasi suara dari Control Panel > Sound, pilih Recording, lalu pilih Properties > Enhancements, aktifkan DC Offset Cancellation.

konf

Kenapa opsi ini diaktifkan? Penjelasannya bisa dibaca di http://wiki.audacityteam.org/wiki/DC_offset.

Lalu buka aplikasi recording kesukaan anda, lalu rekam.

Recording

Hasilnya lumayan. Suara dari semua senar terdengar dengan baik. Petikan senar 4,5, dan 6 memiliki dengungan yang stabil, tidak pecah.

Selamat berkreasi.

[RALAT] Mungkin beberapa dari anda mendengar suara bass pecah, bisa disebabkan karena kendala speaker, disarankan memakai speaker dengan subwoofer.

Posted on Sunday, 18 August 2013, in Music. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: