Road to YSEP (H-1)

Hari-hari semakin dekat menuju kepergian saya. Tokyo Tech mulai mengirimkan berbagai informasi tentang persiapan keberangkatan, seperti penentuan tempat tinggal, profesor dan topik riset kita, lalu persiapan penjemputan sewaktu kedatangan oleh tutor. Komunikasi dengan Tokyo Tech cukup intens.

Saya akan riset di bawah supervisi Kumazawa Sensei. Lab beliau berada di Suzukakedai. Beliau dulunya merupakan pembimbing dari salah satu dosen di Fasilkom, Pak Ivan, ketika Pak Ivan kuliah di Tokyo Tech juga. Saya memilih beliau karena memang beliau sangat concern dengan machine learning, khususnya neural network. Kabarnya beliau dulunya merupakan PhD terbaik di Tokyo Tech. Hmm, jadi penasaran. Rencananya, topik riset saya adalah Remote Sensing. Apa itu remote sensing? Bisa baca di sini http://en.wikipedia.org/wiki/Remote_sensing. Selain itu mengenai penginapan, saya akan sekamar dengan mahasiswa dari Swedia, Royal Institute of Technology. Menantang sekali tampaknya.

Dan terakhir, satu malam sebelum keberangkatan besoknya, kami diberikan kenang-kenangan oleh teman-teman Fakultas Ilmu Komputer 2010 pada acara perpisahan yang sengaja dibuat untuk melepas kepergian kami. Terharu sekali rasanya. Terima kasih Turbo. Kami akan mengingat kalian selalu di siniđŸ™‚

DSC_0002

(didokumentasikan pada September 11th, 2013)

Selanjutnya : Bon Voyage http://wp.me/pa2ST-96

Posted on Monday, 16 September 2013, in 1 and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

