random thing #1

Hari ini, di Jepang sedang libur nasional. Saking karena bingungnya mau jalan kemana, saya memutuskan untuk tidak jalan kemana-mana. Terpikir sesuatu yang random membuat percobaan mengirim sinyal audio lewat cahaya. Suaranya tidak terlalu gede dan agak noisy. Untuk selanjutnya, perlu diberi filter.

Komponen yang diperlukan cukup sederhana, yaitu LED, photodiode, resistor, dan Op-Amp LM741CN.

Akhir-akhir ini saya sedang tertarik oprek-oprek elektronika. Sewaktu kecil, saya ingin sekali belajar elektronika. Saat saya masih TK di Nias, sekitar umur 4 tahun, saya pernah bermain dengan kabel listrik dan terkena setrum gara-gara memegang tembaga kabel yang terbuka. Karena masih kecil, sensasi kesetrum tersebut tak pernah tercurhatkan kepada orang tua, karena maklum waktu itu masih ngga mengerti cara ngomonginnya :))

Abang dan paman saya lulusan teknik elektro. Terkadang abang saya menunjukkan kerjaan kuliahnya tentang sirkuit elektronik. Sirkuit pertama yang saya buat adalah sirkuit flip-flop. Saat itu saya tak tahu kenapa namanya flip-flop, tetapi sejak bertemu kuliah Pengantar Sinyal Dijital di Fasilkom, akhirnya tahu mengapa. Abang membantu saya memilih komponen dan merakitnya. Walau belum tahu bagaimana cara kerjanya, tetapi dikit-dikit tahu cara menyolder dan fungsi komponen. Saya mengenal mikrokontroller setelah mengetahui tentang skripsi yang dia kerjaan ialah aplikasi mikrokontroller. Tentang paman, dia adalah orang yang selalu memperbaiki sistem kelistrikan di rumah. Di Medan, sering terjadi pemadaman listrik bergilir, ketidakstabilan listrik menjadi semakin potensial, sehingga tidak heran sekring sering putus. Jadi, paman sering memperbaiki sekring tersebut. Tak hanya itu, gara-gara pemadaman bergilir juga menyebabkan barang elektronik jadi rusak, seperti kerusakan steker atau trafo. Dia bisa menge-hack-nya hingga akhirnya kembali berjalan. Ya, dia menjadi pahlawan ketika pemadaman terus merajalela. Elektronika memang begitu menarik dan sejak itu saya menyukainya.

@r_gkt

Posted on Tuesday, 6 May 2014, in 1. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

