Jalan Lain ke Jakarta

Sebagai pengguna kendaraan umum di Jakarta, khususnya seperti Busway dan KRL, masih sulit rasanya mencari rute kendaraan umum yang tepat kalau ingin pergi ke suatu tempat di Jakarta. Contohnya, sewaktu pertama kali bekerja, saya harus cari tahu rute dari Stasiun Universitas Indonesia ke Halte Slipi Kemanggisan, yaitu halte yang paling dekat dengan tempat saya bekerja. Saya coba menggunakan Google Maps, tetapi masih kurang tepat. Misalnya, saya cari dengan rute yang sama, aplikasi memberikan saran rute yang mengharuskan berjalan kaki dari stasiun kereta, padahal ada halte busway yang dekat tempat bekerja.

media-20151203

Hasil pencarian Google Maps untuk rute dari Stasiun Universitas Indonesia menuju Halte Slipi Kemanggisan. Google Maps menyarankan untuk melewati Stasiun Tanah Abang, lalu ke Stasiun Palmerah, dan akhirnya jalan kaki ke Halte Slipi Kemanggisan.

Saya mencari-cari informasi tentang rute busway di Wikipedia dan ternyata ada serta lumayan lengkap. Baru-baru ini kita juga bisa mengetahui lokasi busway melalui situs http://www.smartcityjakarta.com. Sayangnya, informasi yang tersedia banyak sekali dan independen dengan informasi transportasi jenis lain, misalnya KRL. Sulit rasanya kalau harus membuka beberapa halaman Wikipedia untuk mencari tahu naik apa untuk pergi dari X ke Y. Berdasarkan kenyataan ini, saya iseng-iseng untuk membuat aplikasi yang menggabungkan semua informasi ini. Linknya ada di tautan ini.

Screenshot from 2015-12-03 22:05:28

Aplikasi ini saya namakan Meloentjoer (baca: meluncur). Mimpinya, pemakainya bisa pergi bebas kemana saja di Jakarta tanpa hambatan layaknya roket yang melesat ke langit. Terdengar begitu hiperbola ya, never mind, namanya mimpi. Selaras dengan latar belakang tadi, informasi dari aplikasi ini tidak saya yang buat atau reka-reka, tetapi murni menggunakan informasi yang ada di Wikipedia.

Saya mencoba-coba bermacam-macam rute dan menemukan beberapa hal menarik. Misalnya, rute dari Halte Bendungan Hilir ke Stasiun Universitas Indonesia. Biasanya saya melewati Halte Cikoko Cawang. Namun, ternyata ada jalan lainnya, yaitu melewati Stasiun Sudirman. Kelebihan rute tersebut dibandingkan sebelumnya belum tahu, tetapi bisa dijadikan alternatif kalau salah satu jalur tidak bisa diandalkan. Rute-rute alternatif juga saya temukan di hasil pencarian yang lain. Misalnya dari Halte Ancol ke Stasiun Bogor, ada rute yang melewati Stasiun Kampung Bandan dan ada pula yang melewati Halte Matraman lalu ke Stasiun Manggarai.

Anyway, baru inilah yang bisa saya buat. Dan perlu dicatat bahwa harga dan waktu estimasi yang tertera masih belum akurat. Ke depannya akan diperbaiki. Semoga bisa membantu saudara-saudara yang suka transportasi umum Jakarta, khususnya Busway dan KRL. Kritik dan saran yang membangun akan diterima dengan lapang dada.

Salam.

Posted on Thursday, 3 December 2015, in 1 and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

